B)

KONOSUBA : Jilid 1 Prolog [TRANSLASI INDO]


“Satou Kazuma-san, selamat datang di dunia setelah kehidupan. Sangat disayangkan, kamu telah meninggal. Mungkin itu hanya sebentar, tetapi kehidupanmu telah berakhir”


Seseorang tiba-tiba berbicara kepadaku di ruangan putih.

Kejadian yang terjadi seketika ini membuatku bingung.

Di dalam ruangan terdapat sebuah meja kerja dan kursi, dan seseorang yang mengatakan bahwa hidupku telah berakhir sedang duduk di kursi tersebut.

Jika disana ada seorang dewi, pasti dialah orangnya.

Kecantikannya seperti seorang idol yang muncul di televisi, dia mempunyai glamor yang melebihi manusia biasa.

Rambut panjangnya berwarna biru halus.

Sepertinya ia sepantaran dengan umurku.

Dadanya tidak terlalu besar tetapi juga tidak terlalu kecil. Dia mengenakan hagoromo ungu yang melingkari sekitar bajunya.

[http://en.wikipedia.org/wiki/Hagoromo]

Kecantikannya terpancar dari matanya yang berwarna biru muda seperti rambutnya. Dia sedang memandang ke arahku yang tidak tahu apa yang sedang terjadi.




Itulah yang kukira terjadi beberapa saat yang lalu.

***

Bagi seseorang sepertiku yang tidak pernah keluar dari rumah, kejadian seperti ini sangatalah jarang terjadi.

Dalam rangka membeli game online populer versi terbatas yang baru rilis, aku bangun pagi untuk pergi mengantri.

Masyarakat memanggil orang-orang seperti ku sebagai Hikkikomori.

[TL: http://id.wikipedia.org/wiki/Hikikomori]

Setelah berhasil membeli game, ini adalah waktunya bagiku untuk kembali ke rumah dan mulai bermain dengan bahagia. Aku sedang dalam mood yang bagus ketika ku dalam perjalan ke rumah, 

Akan tetapi pada saat itu..

Seorang perempuan sedang melihat kearah handphonenya sedang berjalan melewatiku.

Setelah melihat lampu lalu lintas menjadi hijau, perempuan itu tidak melihat ke sekitar jalan dan berjalan menyebrangi jalan secara langsung.

Sesaat setelah diriku menyadarinya, aku mendorong perempuan tersebut.

Setelah itu...

...Aku menanyakan kepada gadis cantik didepan ku dengan tenang.

“...Apakah aku boleh bertanya satu hal?”

Gadis cantik itu mengangguk  kepada ku. “Silakan.”

“..Perempuan itu.. yang kudorong, Apa dia masih hidup?”

Itu adalah hal yang sangat penting.

Karena itu merupakan yang pertama dan terakhir kalinya...

Bagi diriku untuk melakukan sesuatu yang kurasa benar

Jika aku tidak pergi menyelamatkan perempuan itu pada saat tersebut, Aku pasti akan sanagt frustasi.

“Dia masih hidup! Tetapi lukanya cukup parah. Tulang kakinya retak.”

Terima kasih Tuhan.

Aku tidak mati dengan sia-sia. Aku berhasil melakukan sesuatu yang baik di saat-saat terakhirku.

Melihat aku yang menghembuskan nafas lega, gadis cantik tersebut terlihat bingung dan mengatakan.
"Tetapi, dia tidak akan mendapat luka tersebut jika kamu tidak mendorongnya.”

“..Huh?”

Apa yang barusan dia katakan?

“Traktor itu sudah berhenti sebelum menabrak perempuan tersebut. Seperti bisa dibanyangkan, lagipula itu cuma sebuah traktor yang lambat. Itu berarti kamu melakukan hal yang tidak perlu dengan berlagak seperti pahlawan dan membuat segalanya menjadi buruk.. Pu he he he!"

Apa-apaan ini, ini adalah pertama kalinya aku bertemu gadis ini.

Ini mungkin tidak sopan, tapi aku ingin menghajarnya sekarang.

.. Tidak, tahan dulu kurasa aku mendengar sesuatu yang yang lebih penting daripada hal itu.

“.. . Apa yang kamu katakan? Traktor? Bukannya Truk?”

“Iya benar, traktor. Jika truk dengan kecepatan tinggi menuju ke arah gadis itu, dia pasti sadar dan tidak akan melintas begitu saja.”

.. Huh?

“Eh? Kalau begitu ada apa denganku? Apakah aku mati karena tertabrak traktor?”

“Tidak, Kamu mati karena kaget. Kamu mengira kau tertabrak oleh truk dan tiba-tiba kaget. Aku sudah melakukan hal ini sejak lama, tetapi kamu adalah manusia yang pertama kali mati secara aneh.”


[TL Note : Maksud dari hal yang sering dilakukan Aqua disini adalah memandu orang yang meninggal]

...
“karena kamu mengira traktor menabrakmu, kamu kehilangan kesadaran dan ngompol lalu kamu dikirim ke rumah sakit terdekat. Dokter dan perawat bahkan mengatakan “Ada apa dengan lelaki ini? Sangat memalukan.. (lol)” sembari tertawa, Kemudian Kesadaranmu tidak kembali dan jantungmu berhenti berdetak...”

“Hentikan! Aku tidak mau mendegarnya! Aku tidak mau mendegar sesuatu yang menyedihkan!”

Gadis itu berjalan ke sampingku dan membisikan sesuatu ke telinga ku sambil tersenyum.

“Keluargamu tiba di rumah sakit, tetapi sebelum mereka bersedih karena kehilangan anggota keluarga mereka, mereka tidak dapat menahan tawa ketika mendengar penyebab kematianmu.”

“Diam Diam Diam! Ini tidak mungkin terjadi! Bagimana bisa aku mati dengan cara yang memalukan, Aku tidak mempercayai hal ini!”

Melihatku yang sedang duduk di lantai dengan kepala di tanganku, gadis itu menghentikan mulutnya dan berhenti tertawa.

“.. ya, itulah akhir dari sesi penghilang stressku. Ini adalah pertama kalinya kita bertemu, Satou kazuma-san. Namaku adalah Aqua. Aku adalah dewi yang memandu orang-orang yang mati muda dari jepang. Sekarang, kesamping hal lucu yang terjadi kepadamu, kamu memiliki dua pilihan.”

... gadis ini!

Lupakan hal itu. Menjadi emosi hanya kan membuat lama percakapan ini, aku harus bisa sabar dan menahannya.

“Pilihan pertama, Kamu akan bereinkarnasi dan memulai hidup baru dari awal. Pilihan liannya kamu akan pergi ketempat seperti Surga dan hidup seperti orang tua di panti jompo.”

Sungguh cara yang malas untuk menjelaskan pilihan ini.

“Eh, kalau begitu.. Bagaiman tempat yang kamu nilang seperti Surga? Yang paling penting apa maksudmu seperti orang tua di panti jompo?”

“Surga tidak sehebat yang kalian manusia bayangkan tahu. Kamu tidak perlu makan setelah meninggal dan kamu tidak bisa melakukan apapun. Lagi pula disana tidak ada bahan-bahn atau barang yang bisa kalian gunakan. Aku minta maaf telah mengecewakanmu, tetapi di Surga itu tidak ada apa-apa. Tidak ada televisi, tidak ada komik dan tidak ada mainan, disana hanya ada orang yang wafat sebelum kamu. Dan karena kamu sekarang sudah wafat, kamu tidak dapat melakukan apapun, kamu bahkan tidak memiliki tubuh. Satu-satunya hal yang bisa kau lakukan disana hanyalah berjemur dari sinar matahari sambil ngobrol dengan pendahulu mu, selamanya.”

Tidak ada game komputer dan tidak ada hiburan? Dari pada menyebut tempat itu surga, bukankah lebih mirip neraka.

Tetapi kembali menjadi bayi dan mengulang kehidupanku...

Tidak, itu satu-satunya pilihan.

Melihat raut mukaku yang merasa kecewa, sang dewi tersenyum sambil berkata :

“Hei, kamu tidak mau pergi ke tempat membosankan seperti Surga bukan? Tetapi menanyakanmu untuk pergi melepaskan semua kenanganmu dan memulai dari awal lagi menjadi bayi sama saja menghapus keberadaanmu, karena ingatanmu akan musnah. Jadi.. Aku punya berita baik untukmu!”

Untuk alaasan tertentu, diriku mulai merasa cemas.

Aqua kemudian melanjutkan pembicaraan sambil tersenyum :

“Kamu.. suka game bukan?”

Aqua kemudian menjelaskan apa yang dia maksud dengan berita bagus.

Ini adalah intinya :

Di suatu dunia lain dimana berbeda dengan dunia yang kutinggali sebelumnya, disana ada sebuah dunia yang dilanda Raja Iblis. San dengan penyerangan tentara raja Iblis, Dunia tersebut dilanda krisis besar. Di dunia lain tersebut terdapat sihir dan juga monster.

Jadi, itu adalah dunia fantasi yang mirip dengan game Dragon Quest dan Final Fantasy.

“Orang-orang yang meninggal di dunia tersebut dibunuh oleh tentara Raja Iblis, dan mereka sangat cemas sekali. Mereka mengatakan tidak mau mati seperti itu lagi, dan hampir semua orang yang mati menolak untuk reinkarnasi ke dunia itu lagi. Jadi detailnya, jika dunia yang kacau itu terus berjalan, karena bayi banyak yang berhenti dilahirkan disana, makanya hal itu bisa diatas dengan mengirim orang yang telah mati dari dunia lain ke dunia tersebut. Jadi begitulah.”

Apa-apaan kebijakan imigrasi yang ceroboh itu.

“Dan karena sejak kami akan mengirim orang-orang tersebut, Kami harus menemukan orang yang mati muda dan masih punya semangat hidup yang tinggi lalu mengirim mereka dengan tubuh dan ingatan mereka saat ini. Kan sangat disayangkan jika mereka langsung mati ketika setelah dikirimkan, jadi kami akan memberi orang-orang yang dikirimkan ke dunia tersebut sebuah anugrah. Itu bisa Kekuatan dahsyat, tak terkecuali bakat yang hebat atau senjata tingkat dewa! Jadi bagaimana menurutmu? Itu mungkin dunia lain, tapi kamu bisa merasakan hidup sekali lagi. Untuk orang-orang dunia tersebut, seseorang yang tiba-tiba muncul dan dapat bertarung hebatdengan tiba-tiba. Bagaimana? Bukankah itu berita bagus?”

Hmm, Kurasa itu terdengar bagus.
sejujurnya, aku sangat tertarik.

Aku memang menyukai game. Tetapi aku tidak pernah menyangka, kalau diriku nanti akan memasuki dunia game yang seperti ada di dalam game komputer kesukaanku.

Tetapi sebelum itu.

“Erm, aku punya pertanyaan. Bagaimana dengan bahasa dunia lain itu? apakah aku akan bisa berbicara dengan bahasaku di dunia tersebut? "

“itu bukanlah masalah. Dengan kekuatan dewa, kamu akan bisa belajar bahasa secepat kilat langsung ke otakmu seusai kamu dikirim ke dunia lain. Kamu bahkan bisa langsung membaca tulisannya! Tetapi ada sedikit efek kecil, otakmu mungkin akan konslet jika kamu lagi gak beruntung... dan oleh karena itu, yang kamu lakukan cukup memilih kemapuan khusus yang hebat atau senjata dewa.”

“Tunggu, tadi aku mendengar sesuatu yang penting tadi. Kamu mengatakan kalau aku gak beruntung otakku akan konslet?”

“Aku tidak pernah berkata seperti itu.”

“kau mengatakannya barusan!”

Ketertarikanku sebelumnya mulai menghilang. Aku mungkin sedang berbicara dengan dewi, tapi aku sekarang berbicara dengan nada yang sejajar dengan dia.

... tetapi tentu saja tawaran itu sangatalah menarik.

Tetapi akan sangat menakutkan jika ada kemungkinan otakku konslet. Tetapi aku tidak takut akan hal itu karena aku percaya dengan keberuntungan yang kumiliki sejak aku masih hidup.

Disaat seperti ini Aqua membawakanku sebuah katalog.

“Silakan kamu pilih. Aku bisa memberkatimu satu anugrah dan hanya satu-satunya kekuatan yang tidak bisa dibandingkan dengan orang biasa. Itu bisa menjadi kemampuan tak terkalahkan, sebagai contoh, Senjata legendaris, atau apapun sejenisnya. Kamu bisa membawa salah satu hal semacan itu ke dunia lain tersebut.”

Setelah mendengar penjelasan Aqua. Aku mengambil katalog tersebut dan mulai membacanya.
.., di katalog itu ada “Kamampuan yang tidak wajar”, “Sihir Super”, “Pedang Suci Arondight”, “Pedang iblis Murasame” dan beberapa nama lainnya.

Aku mengerti sekarang, memilih salah satu kemampuan atau senjata yang bisa dibawa kesana.
Sangat menyusahkan. Terlalu banyak pilihan membuatku ragu.

Atau bagaimana ya, Insting Gamer ku mengatakan bahwa kemampuan dan peralatan ini layakanya cheat pada sebuah game.



[TL: http://en.wikipedia.org/wiki/Cheating]


Sangat membingungkan, benar-benar membingungkan. Karena aku akan pergi di dunia dimana ada sihir, aku ingin sekali mencoba menggunakan sihir.

Oleh karena itu, Kurasa harus memilih kemampuan sihir.

“Oi~ Buruan dong~ itu bukan masalah apapun yang kau pilih bukan? Aku tidak punya ekspetasi besar terhadap seorang Hikkikomori Gamer Culun, bisa gak langsung pilih aja salah satu dan pergi? Apa saja bisa kan? Buru~Buruan!”

“Aku, aku engga culun! lagipula aku mati diluar rumah jadi aku bukan hikkikomori!”

Aku jawab dia dengar suara kesal, tetapi Aqua denagn santainya memainkan rambutnya dan membuat pandangan bahwa dia tidak peduli padaku.

“Itu bukanlah masalah, langsung saja cepat pilih! Masih banyak orang yang mati mengatri!”
Aqua duduk di kursinya dan dia berbicara sembari mengunyah snack tanpa melihat kearah ku.

...Orang ini! Sudah mengejekku karena penyebab kematianku saat pertama kali kita bertemu, dan berakting sombong mentang-mentang dia cantik.

Sikap Aqua yang seperti itu membuatku jengkel.

Kau menyuruhku untuk memilih dengan cepatkan?

Kalau begitu kenapa engga begini?

“Sesuatu” yang bisa aku bawa ke dunia tersebut.

“... Oke. Aku pilih kau.”

Aku berkata sambil menunjuk ke arah Aqua.

Aqua melihatku dengan terkejut dan kemudian menyelesaikan snack yang sedang ia kunyah.

“Oke. Tolong jangan bergerak dari tengah lingkarang sihir dan..”

Tiba-tiba dia menghentikan kata-katanya.

“..Eh tunggu, apa yang kau katakan barusan?”

Dan tiba-tiba,
“Aku mengerti. Jadi oleh karena itu, Aku akan menggantikan posisi pekerjaan Aqua-sama mulai dari sekarang.”

Dengan kilauan cahaya putih, munculah seorang gadis.
lebih simpelnya, itu adalah wanita bersayap yang mirip dengan malaikat.

“...EH?”

Dibawah kaki Aqua yang terkejut jatuh munculah sesuatu, seuatu yang sama seperti yang terjadi dibawah kakiku. Sebuah lingkaran sihir biru.

Oh, Apa ini?

Apakah aku benar-benar pergi ke dunia lain?

“Tu-Tunggu. Huh, apa yang terjadi? Eh kamu gak serius kan? Tidak, tidak, tidak tunggu dulu, bukankah ini aneh? Bukankah ini curang untuk membawa seorang dewi! Ini tidak boleh bukan? Hei ini harusnya tidak bolehkan?! Tunggu! Tunggu oke?”

Aqua mulai panik dan air mata muncul ari atanya, dia benar-benar kacau.

Malaikat berbicara kepada Aqua : “Bon Voyage, Aqua-sama. Serahkan pekerjaan disini kepada ku. Aku akan mengirimkan bantuan untuk kembali setelah raja Iblis dikalahkan. Oleh karena itu sebelum kamu kembali, aku akan mengerjakan semua tugas-tugasmu.”

[http://en.wikipedia.org/wiki/Bon_Voyage]

“Tunggu! Tunggu dulu! Aku memanglah seorang dewi. Tapi aku hanya mempunyai kemampuan penyembuh tanpa memiliki kemampuan bertarung! Ini sangat mustahil bagiku untuk mengalahkan raja Iblis!”

Malaikat itu meghiraukan Aqua yang terjatuh ke lantai sambil menagis, dan tersenyum kepadaku.

“Satou Kazuma-san. Kamu akan pergi menuju dunia lain sekarang dan menjadi salah satu kandidat pahlawan yang terpilih untuk mengalahkan raja Iblis. Kamu telah menerima Hadiah dari dwa setelah kamu mengalahkan raja Iblis.”

“Hadiah?”

Aku menanyakan apa yang malaikat itu katakan.

Malaikat itu tersenyum hangat kepadaku.
“Benar, sebuah hadiah karena menjadi penyelamat dunia.. kamu akan diberikan satu permintaan. Dan permintaan itu bisa apapu yang kamu mau.”

“Oh!”

Itu berarti jika aku bisa berharap kembali lagi ke jepang jika aku lelah dengan dunia tersebut.
Mungkin misalnya, aku kembali lagi ke jepang setelah lelah dengan dunia tersebut, dengan keadaan punya banyak harta dan menghabiskan waktu dengan bermain game sembari dikelilingi gadis cantik! Berarti permintaan seperti itu pun akan terwujud!

“Tunggu dulu! Memberikan kata-kata keren seperti itu adalah bagian pekerjaan ku!”

Aqua menangis setelah melihat pekerjaanya yang diambil oleh malaikat tersebut.

Aqua sangat puas melihat Aqua resah seperti ini.

Dan, aku sekarang menunjuk kearah Aqua dan berkata :
“Bagimana rasanya? Menjadi bawahan orang yang kau anggap remeh barusan? Kamu adalah “sesuatu” yang telah terpilih untuk aku bawa ke dunia lain. Karena kamu dewi, gunakanlah kekuatan dewi mu untuk membuat petualanganku menjadi mudah!”

“Tidak~! Aku pergi ke dunia lain dengan lelaki seperti ini? Tidak~!”

“Pahlawan! Kamu mungkin adalah pemenang dari pahlawan yang terpilih dari banyaknya kandidat pahlawan, dan menjadi orang yang berhasil mengalahkan raja Iblis.. Oleh karena itu, Aku berkati kepergianmu, semoga beruntung!”

“Wahhh~! Itu kata-kata ku~!”

Dan dengan perkataan dari sang malaikat.

Sebuah cahaya terang menyelimuti Aqua dan Aku!



Lanjut

====
TL : Ryan
Revisi : Wiso. D
====


Sebelumnya, mungkin ada yang aneh.
Saya buat Blog Tips & Trick buat game. Lah kok muncul Translasi novel?
Sebenarnya saya suka dengan novel, bahkan mungkin saya lebih suka dengan light novel (LN) yang saya baru ketahui beberapa tahun lalu ketimbang novel biasa sekarang.

Saya Terinspirasi dari Bang Dan, Pemilik Blog zcaoi, yang mentranslasi novel oregaitu (My Romantic Teen Comedy SNAFU) di blognya yang sebelumnya memabahas guide untuk game.
'Blog adalah tempat anda dapat menuliskan sesuatu yang anda mau', disitu saya juga merasa bahwa blog saya adalah blog yang saya terlahir dari hal yang saya sukai.
Dan musim lalu, salah satu Anime yang saya cukup nikmati telah berakhir, yaitu 'Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!' atau dalam versi inggrisnya 'God's Blessing on This Wonderful World!', atau juga disingkat menjadi Konosuba.

Dikarenakan mendapatkan jatah episode yang sedikit, saya mulai tertarik untuk mencari tahu cerita anime ini, Karena ada kabar Season ketiganya,
semoga OVA barunya yang tayang musim panas nanti memberi kabar baik seperti Season satunya.
Pada saat mencari tahu tentang Konosuba, saya mendapati bahwa cerita yang diadaptasi di Anime cukup berbeda dengan LNnya (Konosuba itu LN yang diadaptasi menjadi Anime).

Oleh karena itu saya mencoba membaca LNnya dan tidak disangka lumayan seidikit berbeda. Dan tertarik untuk membuat Translasi Indonesianya.

Dengan bantuan beberapa teman yang mendukung saya untuk mentraslate LN ini, saya mulai mengerjakan proyek translasi ini.

Mungkin Trasnlasi saya agak terlalu kaku, jika kalian memiliki pendapat tentang hasil kerja saya mohon berikanlah saran di komentar agar saya dapat memperbaiki Translasi kedepannya.

Terima Kasih telah membaca dan nantikan lanjutan cerita selanjutnya.
KONOSUBA : Jilid 1 Prolog [TRANSLASI INDO] KONOSUBA : Jilid 1 Prolog [TRANSLASI INDO] Reviewed by FMI on 12.31.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Komentar Yang Baik , Bahasa Yang Sopan.

Jika Link Rusak Atau Hilang Tolong Komment!
Thanks.

ads
Diberdayakan oleh Blogger.