B)

Review Closers Online Indonesia : Konflik Dimensi

ini juga merupakan salah satu review yang lama (tepatnya 1 tahun yang lalu pada saat  game ini baru rilis di indonesia).
sebenarnya draf post yang yang lain juga masih banyak dan juga delay LN konosuba masih ngejar, tapi karena karakter kesukaan saya muncul pada bulan ini, saya jadi ingin membangkitkan post ini ketimbang dihapus.
jadi langsung saja
===================
Closers Online, sebuah MMORPG berbasis side-scrolling hack-n-slash yang berasal dari Korea Selatan dan dibawa ke Indonesia oleh Megaxus.

Game ini bersifat free-to-play dan dapat kalian unduh gratis.
jadi seperti apa saja sih game ini?

STORY
Pada tahun 2020, Seoul di serang oleh monster dari dimensi lain yang menyebabkan Seoul hancur akibat dari monster tersebut. Monster tersebut dinamakan Dimensional Monsters. Akibat kerusakan tersebut akhirnya dibangun kembali Seoul menjadi New Seoul.
Para monster tersebut sebelumnya muncul dari Gerbang Dimensi atau juga disebut Dimensional Gate. Dengan perlahan menghancurkan seluruh kota yang ada di dunia. Tetapi tidak hanya membawa kehancuran bagi dunia, melainkan juga membawa keuntungan berupa kekuatan supranatural bagi sebagian manusia yang dapat mampu menerima kekuatan tersebut.
Dengan kekuatan supranatural yang di dapat. Negara-negara di dunia mencoba untuk membalas serangan kepada Dimensional Monsters dan sekaligus berusaha untuk menutup Gerbang Dimensi. Banyak pengorbanan yang tidak terkira, dan akhirnya Dimensional Gate yang muncul berhasil ditutup. Karena keberhasilan ini membuat pasukan manusia yang mempunyai kekuatan supranatural tersebut mendapat julukan CLOSERS.
Dengan berakhirnya perang Dimensional tersebut, dunia menemukan kedamaian dan kota-kota yang hancur dibangun kembali. Serta negara-negara juga telah memulai riset untuk mengatasi Dimensional Gates dan Dimensional Monsters, maka diciptakanlah UNION yang beranggotakan CLOSERS dan First Dimensional War.

Sumber : Megaxus


GAMEPLAY
Tampilan Pemilihan Karakter
Sebelumnya saya merasa closers ini Game Online paling ramah, kalian bahkan bisa benar-benar menjadi karakter dewa tanpa menggunakan MI-CASH, karena semua yang sudah ada di dalam game lebih banyak menggunakn credit dan gratis ketimbang MI-CASH.

penggunaan MI-CASH disini mungkin hanya untuk beberapa hal tertentu seperti Permium gacha, dan item-item penambah substat pendapatan EXP dalam permainan. Tentu saja ini benar-benar game yang sangat adil bukan? sebuah game dimana pemain FTP bisa bersaing adil dengan Pay to Win.

Layar pembuatan karakter
Di Closers kalian akan bisa menggunakan 10 Karakter yang berbeda.
Kalian akan dibagi mejadi 2 Fraksi yaitu Black Lambs dan Wolfdog.
masing-masing fraksi memiliki 5 karakter dengan kelas yang berbeda yang bisa kalian pakai.
Pembuatan slot karakter yang bisa kalian buat juga ada 10, jadi kalian bisa mencoba semua kemampuan seluruh karakter dalam satu akun! praktis bukan?

Untuk karakter mungkin saya tidak akan saya jelaskan, karena kebetulan karakternya ada banyak dan juga dapat mengandung spoiler. Saya rasa lebih baik kalian melihat pengenalan seluruh karakter ketika bermain game ini secara langsung.
tetapi jika kalian benar-benar penasaran kalian bisa cek pengenalan karakter disini.

Game with stamina
Mungkin jenis/tipe game semacam ini sudah bisa kalian temukan dimana-mana. Yap benar sekali, closers ini memakai sistem game with stamina limit. Tapi jangan khawatir kok, kalian bisa mendapatkan item yang bisa memulihkan stamina/menambahkan jumlah maksimalnya. Stamina yang kalian miliki di awal sebenarnya juga sudah lebih dari cukup untuk memainkan game ini dengan jangka jam yang panjang.


Pengaturan stamina disini juga perkarakter. Setiap karakter memiliki stamina sendiri-sendiri, jadi semisalnya staminan kalian di salah satu karakter habis, kalian bisa menggunakan karakter kalian yang lain. Lumayan bukan?

Gameplay dangan kontrol simpel.

Layaknya game RPG lain, tombol yang harus kalihan ingat disini hanyalah sendikit.
Hanya tombol Serang dan Lompat sedangkan skill akan dan item akan langsung dipaparkan di Layar skill yang langsung ada di depan kalian.

Nyari Credit mudah dan banyak gratisan.
Mencari uang di game ini sangatlah mudah (UANG dan MI-CASH itu beda ya), Kalian bisa menemukan sejumlah misi yang mengahsilkan uang dengan mudah, kalian juga bakal banyak sekali menemui drop item ketika bermain dalam satu stage dan kalau item itu tidak berguna kalian bisa jual. Mungkin ini adalah pertama kalianya saya bermain game online indonesia yang mudah mendapatkan uang.

Uang di game bisa kalian gunakan untuk, Craft, Enchannt, Memperluas Inventori, Deposit ke karakter lain bahkan bisa untuk membeli Item MI-CASH di black market in game. Bisa dibilang uang disini memiliki banyak peran dalam misi maupun hal lain.
Beli item MI-CASH pake credit? tentu bisa
Kalian juga bakal mendapatkan banyak gratis seperti pet, gacha, item drop dan juga event dari developer yang membuat kalian betah bermain game ini.

Cerita yang menarik dari berbagai sisi karakter.
 di game ini ada 10 orang karakter yang bisa kalianmainkan, setiap karakter memiliki percakapan berbeda yang bisa kalian lihat dari layar permainan,
Tentu saja ini bisa membuat kalian lebih memiliki motivasi untuk memainkan karakter lain walaupun dengan misi yang sama, setidaknya ada perbedaan yang bisa membuat kalian tetap nyaman bermain.

 Karakter
 Seperti yang suah kalian tahu ada 10 karakter di game ini. Kalian bisa mencoba menggunakan skill dari jenis-jenis kelas yang berbeda. Selain itu mereka memiliki kepribadian yang menarik tersndiri yang membuat kalian lebih betah dengan karakter tersebut.
2 Fraksi yang kalian temui di game. Black Lambs dan Wolf Dog
 Dengan 2 Fraksi dan 5 Karakter pada masing-masing fraksi, aku rasa akan menjadi cerita yang panjang utnuk dimainkan bukan?
'
LEVELING 
Saya pada awal bermain akan mengira Closers adalah game yang sangat mudah untuk level up, karena pada dasarnya di game ini, menyelesaikan tutorial kontrol saja sudah membuat karakter kalian langsung level 10 dan itu pasti. Tapi ternyata tidak, grinding di game ini ternyata sangat berat, apalagi ketika memasuki level 25 keatas, Game ini mungkin memang benar-baner menyuruh kalian untuk selalu mengasah skill kontrol kalian dengan baik untuk setiap level,karena bisa dibilang misi kedepan semakin lama akan semakin sulit hinnga membuat kalian harus memikirkan jenis pola serangan dan peningkatan skill yang tepat.

Skill poin untuk menaikan tingkat skill disini juga akan semakain sulit untuk kedepannya, kalian harus BENAR-BENAR berhati-hati dalan menggunakan poin skill ini, karena poin ini benar-benar berharga dan hanya bisa kalian dapatkan pada saat level up atau pengguna item khusus penambah poin yang bisa dibilang rare dan bahan permium (MI-CASH).
Saran saya paling utam di game ini, pakailah poin skill seperlunya.
INVENTORY YANG KECIL
Ini adalah yang paling bisa saya bilang kekurangan yang cukup mengganggu di game ini. Inventori awal di Closers pada awal permainan sangatlah kecil, sekitar 3x7 atau 21 slot untuk menyimpan barang item. Tentu saja ini benar-benar menggangu ketika dimana drop item yang bisa kamu dapatkan banyak, tetapi kamu tidak punya tempat untuk menyimpannya, mau tidak mau harus kalian tinggal. Dan banyaknya juga item yang tidak bisa dijual bisa menjadi beban tersendiri di game ini sebelum menjalankan stage kembali.

Inventory di game ini bisa kalian luaskan dengan menggunakn credit, tetapi tentu saja tidaklah besar, kalian hanya bisa mendaptkan tambahan 14 slot dan itu juga membutuhkan jumlah credt yang lumayan besar. Kalian hanya bisa melebihluaskannya lagi menggunakan MI-CASH

kalian juga bisa membeli ware house untuk menyimpan item lain untuk tidak dibawa pada saat battle, tentu saja jumlah credit yang kalian butuhkan tidaklah sedikit. Dan sama seperti inventory ada batasnnya juga pada perluasannya, sisanya kalian harus menggunakn MI-CASH untuk mendapatkan slot penyimpanan lagi.
Warehouse
Tidak bisa menutup chat.
ini mungkin adalah masalah yang pasti dialami oleh pengguna game online. Di closers layar permainan hampir 30% bagian layar (bagian sebelah kiri) akan ditutupi layar chat dan logs aktivitas. Menurut saya ini yang paling mengganggu, karna chat ini terkadang menutupi layar ketika sedang bermain stage ataupun berinteraksi dengan NPC lain.

contohnya...
Untung saja layar sebelah kanan yang meampilkan Quest bisa ditutup, karna kalau tidak hampr semua bagian layar tertutupi tulisan dan bisa dibilang sayang menggangu ketika battle.

REPETITIF
Mungkin inilah yang paling sering ada di sebuah game MMORPG, kalian akan sering kali menerima Quest yang mengharuskan kalian bulak-balik menyelesaikan level yang sama. tapi menurut saya jika kalian sudah menyukai game ini mungkin hal ini bukalah masalah yang besar untuk dilewati.

Bisa main Singleplayer
Ini mungkin salah satu kelebihan yang dimiliki game ini. Bisanya game online kebanyakan harus membuat kalian bermain dalam kelompok ataupun jumlah anggota. tapi game ini, dari awal sampai akhirpun kalian bisa mainkan sendiri, jadi tidak perlu takut jika tidak ada teman untuk bermain, Game ini juga bisa buat main bareng.

HEMAT KUOTA
jujur dan jujur saja inilah yang membuat saya suka berman game ini, konsumsi kuota yang tidak banyak. Ini dari pengalaman saya sendiri, saya bermain game ini sekitar 6 jam (main battle, ditinggal makan dan bahkan di diamkan secara lupa belum di quit), game ini hanya mengkonsumsi 15 MB dari jumlah kuota saya. ini serius loh, dan akhirnya saya mencoba untuk melakukan percobaan kedua dan memang game ini tidak perlu memerlukan banyak kuota, sangat cocok buat game rumahan yang main pake internet kuota. Update di game ini juga tida terlalu besar.

SPEK RENDAH
game spek rendah banget, intel HD kuat high. Tapi saya sarankan OS kalian minimal harus windows 7 64bit.

BATTLE GAMEPLAY
Untuk Battle mungkin bisa saya katakan agak susah untuk memperlihatkannya dalam screenshot,
untuk sekarang kalian bisa melihatnya lewat video di bawah ini.



KESIMPULAN
Closers adalah game yang menarik untuk mengisi waktu luang dan dapat diaminkan untuk semua umur. Semua unsur yang ada di game ini sangatlah menarik dan seru.
RATE = 4/5


DOWNLOAD.
Untuk mendownload game ini kalian bisa langsung ke situs closer megaxus, tapi sebelumnya kalian harus mempunyai ID megaxus terlebih dahulu.
untuk daftar kalian bisa klik DISINI.

untuk mendownload Clientnya kalian bisa klik DISINI. (3gb)
gak ada kuota buat download clientnya? jangan takut gak bisa main, Megaxus bisa memberikan kalian DVD installernya langsung ke tangan kalian, GRATIS dan gak pake ongkos kirim. Untuk mengorder DVDnya klik DISINI. (tergantung persediaan).

INFO SEPUTAR GAME
1.Kalian bisa menemukan info Event dan hadiah yang menarik dengan subcribe Megaxus, atau kalian bisa kunjungi page Closers Indonesia Official utnuk mendapatkan info-info menarik lainnya. KLIK DISINI
2. Closers meimliki film animasinya yang berjudul Closers Side Black Lambs, kalian bisa menontonnya disini.
3. CLosers juga ada comic web nya loh, silahkan kemari buat baca.


Mungkin itu saja Terima Kasih dan selamat bermain.
btw TIna udah datang ke Indo loh (MAY 2017)
Trailer

 
Review Closers Online Indonesia : Konflik Dimensi Review Closers Online Indonesia : Konflik Dimensi Reviewed by FMI on 20.36.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Komentar Yang Baik , Bahasa Yang Sopan.

Jika Link Rusak Atau Hilang Tolong Komment!
Thanks.

ads
Diberdayakan oleh Blogger.